oleh

Lakukan Riset Saat Dipinang, Bachrun: Tak Ada Celah “Benci” Rusman

PETASULTRA.COM-MUNA. Tak ada celah untuk di “Benci” masyarakatnya, menjadi alasan utama Bachrun La Buta, mantapkan diri terjun ke dunia politik mengantarkan Sang Petahana Bupati Muna, La Ode Muh. Rusman Emba, ST melanjutkan periode kedua dalam perhelatan Pilkada Muna Desember 2020 mendatang.

Berbekal telah banyak makan “Asam Garam” di birokrat, terlebih saat menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemprov Sultra selama enam tahun, salah satu alasan Bachrun La Buta menyebut jika Rusman Emba adalah sosok pemimpin visioner berhati emas.

Kepada PetaSultra.Com, Bachrun mengakui, saat mengetahui namanya masuk dalam bursa calon wakil pendamping petahana, Ia kemudian mencoba melakukan riset kepada responden secara acak guna mengukur kecintaan masyarakat bawah terhadap Rusman Emba jelang Pilkada Muna 2020.

Riset yang dilakukan pun dengan metode berkenalan kemudian bertanya basa-basi kepada masyarakat bawah yang dipilih secara acak dan tentu tidak mengenali dirinya.

“Riset itu saya sendiri yang design, jadi saya mulai keliling survey ke masyarakat bawah sejak Maret lalu sebelum pandemi covid-19 karena bicara data dan riset hasilnya selalu akurat,” beber Bachrun saat ditemui PetaSultra.Com, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga  12 Miliar Ready Ditengah Ancaman Pandemi Covid-19 di Muna?

Lebih lanjut, Bachrun mencontohkan jika hasil sampel risetnya tersebut dari sepuluh responden yang ditemui sembilan orang menjawab menyukai kebaikan Rusman, sedangkan satu orang jawabannya ragu-ragu dikarenakan bukan tidak menyukai pribadi Petahana melainkan tidak menyukai orang disekitarnya.

“Jadi dalam riset itu saya keliling bertanya mulai dari ojek yang saya ajak cerita dijalan, pedagang dipasar, penjual sayur sampai ke desa dan hampir semua jawabannya masih mencintai pemimpinnya,” jelasnya.

Menurut Bachrun, melakukan riset dengan memilih masyarakat bawah itu karena setiap jawaban yang didapatkan pasti keluar dari hati nurani, berbeda jika didapat oleh orang yang mengenal baik Rusman terlebih kepada orang yang memiliki tujuan kepentingan.

“Bahkan dari pihak keluarga mantan Bupati Muna, dr. Baharuddin, di Kendari mengakui tidak ada celah untuk membenci sosok beliau (Rusman Emba), masa bupati hormat dengan kita,” ucapnya yang mencontohkan.

Ditambah telah mengenal baik sosok Rusman Emba sejak menjadi ketua DPRD Sultra, membuat suami dari Dr. Ir. Hj. Sitti Leomo, M.Si, puteri dari pasangan Abdul Wahid Kunta dan Hj. Sitti Rusnah, yang juga seorang Dosen pada Fakultas Pertanian, UHO Kendari itu, dengan optimis siap dampingi petahana sebagai wakil.

Baca Juga  Hadiri Malam Ramah Tamah Porseni, Rusman Emba Kukuhkan Barisan Semut Hitam "Fokuni"

“Saya kenal pribadi beliau dan saya yakini Rusman punya potensi bisa dekat dengan siapa saja dan tidak semua pemimpin bisa seperti itu, karena meski sudah tahu itu musuhnya Rusman masih sapa dengan baik,” ungkapnya.

Bachrun pun terang-terangan, seandainya tawaran menjadi wakil datangnya dari Bakal Calon lain, dengan tegas dirinya menolak karena lebih memilih menikmati masa pesiun.

“Hanya karena beliau yang datang, hubungan kami baik sebagai kakak adik. Jadi jika beliau tidak dapat memenuhi keinginan semua orang itu normatif, tinggal apa yang menjadi kekurangannya selama ini menjadi tugas saya,” pungkasnya.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed