oleh

Pemerintah Jamin Keamanan Pelajar Dan Mahasiswa Asal Papua Belajar Di Seluruh Penjuru Indonesia

PETASULTRA.COM – JAKARTA. Situasi dan kondisi di Papua dan Papua Barat telah kondusif dan hal tersebut terus menjadi perhatian oleh Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum Keamanan Wiranto yang menggelar rapat koordinasi di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (09/09/2019) yang turut dibahas isu eksodus mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang belajar di perantauan.

Dijelaskan Wiranto eksodus mahasiswa papua yang pulang kampung juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, “Beliau juga concern terhadap masalah eksodus dari pelajar mahasiswa Papua – Papua Barat yang sedang belajar di Papua – Papua Barat atau daerah lain di Indonesia,” ujar Wiranto seperti dilansir cnn.

Dijelaskan hasil komunikasi Pemerintah dengan orang tua mahasiswa eksodus disebabkan mereka khawatir anaknya mendapat tekanan dan perlakuan sewenang – wenang dari masyarakat, “Nah, ini isunya, isu yang digulirkan yang sampai kepada para orang tua di sana. Sehingga karena kekhawatiran itu para orang tua menarik anak – anak mereka kembali ke Papua – Papua Barat,” katanya.

Pemerintah telah memberi penjelasan berdasarkan fakta untuk meyakinkan para orang tua yang akhirnya menyesal telah percaya dengan isu tersebut, “Ya, namanya isu mengelabui jalan pikiran mereka. Sehingga mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, ke asrama tempat mereka belajar sebelum ditarik ke Papua dan Papua Barat,” terang Wiranto.

Baca Juga  La Pili Tak Patuh Hasil Syuro, UJ: Kader PKS Tidak Ada Pengkhianat

Jaminan keamanan dan perlakuan yang setara terhadap pelajar asal Papua – Papua Barat, “Akan dijamin pejabat setempat, kami titipkan kepada para pejabat di mana mereka belajar. Untuk melindungi, untuk merawat, untuk memperlakukan mereka sebagai keluarga – keluarga di daerah mereka belajar,” ujar Wiranto.

Turut hadir pada rapat ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Asisten Operasi Kapolri Irjen Martuani Sormin, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian. (Red/*)

Komentar

News Feed