oleh

Toleransi Tinggi Warga Palangkaraya Diapresiasi Oleh Kepala BPIP Saat Safari Pancasila

PETASULTRA.COM – PALANGKARAYA. Apresiasi kerukunan antar umat beragama pada warga Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) diberikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP – RI) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Disela safari Pancasila ke wilayah tersebut pada Sabtu, (23/02/2019), Prof Hariyono berkesempatan mengunjungi warga Amaco dan melakukan ramah tamah sambari belajar dan menggali nilai – nilai Pancasila di tengah masyarakat. Sebagaimana di ketahui di daerah itu terdapat Masjid Al – Ashar yang berdampingan dengan Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nasaret.

Foto bersama BPIP di Masjid Al Ashar.

“Yang menarik dari kehidupan masyarakat di perumahan Amako adalah tradisi kerukunan antar umat beragama warga yang sudah terjalin sejak lama. Dimana Rumah Ibadah Gereja dapat Berdampingan dengan Rumah ibadah Masjid,” ucap Hariyono dalam keterangannya, di Palangkaraya, Kalteng, Minggu (24/02/2019).

Ditekankan bahwa kerukunan tampak bukan hanya pada letak rumah ibadah yang dapat berdampingan, tapi juga dalam aktivitas kehidupan sehari – hari. Warga selalu saling membantu satu sama lain ketika perayaan hari – hari besar Agama masing – masing.

“Saling memberi ruang yang cukup serta saling memberikan sarana prasarana seperti lahan parkir dan sebagainya, ketika salah satu umat beragama sedang melaksanakan perayaan hari besar agamanya,” ungkap dia.

[artikel number=5 tag=”agama”]

Pada kesempatan itu, Hariyono juga menjadi pembicara utama pada Dies Natalis Ke – 69 GMKI dan Seminar Nasional Kebangsaan sekaligus Pelantikan Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BPC GMKI) Palangka Raya Masa Bakti 2019-2021 yang bertemakan, “Kalimantan Tengah Rumah Pancasila.”

Di Aula Kampus Sekolah Tinggi Agama Kristen Palangka Raya Negeri (STAKN) Tampung Penyang RTA. Milono Km. 6, Palangka Raya. Pemateri dalam kegiatan itu selain Prof. Hariyono, M.Pd, juga disertai Irjen. Pol. Anang Revando Kapolda Kalteng, H. Agustiar Sabran, Ketua DAD Kalteng, Satriadi Ketua Bawaslu Kalteng dan Netto WS. Rahan, M.Si, M.Th Ketua STAKN Palangkaraya.

Foto bersama BPIP Di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nasaret.

Agustiar Sabran Ketua DAD Kalteng menyambut baik atas acara yang diselenggarakan Pemuda Millenial Kalimantan Tengah yang penuh semangat dan enerjik.

Kegiatan di Tambun Bungai Bumi Pancasila Kalteng ini, Senior GMKI Drs.William Katopo berharap agar Pembinaan Pancasila bisa masuk sampai ke Daerah Provinsi hingga Desa.

Foto bersama BPIP Di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nasaret.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Korneles Galanjinjinay menambahkan masuknya paham radikalisme dan intoleran ke dalam kampus, untuk itu mahasiswa perlu aktif memperkuat kembali ideologi Pancasila demi menjaga keutuhan NKRI.

Kehadiran mereka disambut dengan penuh kehangatan oleh H. Moh Hatta Ketua Takmir di Masjid Al – Azhar didampingi dengan Pdt. Agustiman Ketua Jemaat Gereja Kristen Evangelis Nazaret, Ketua GMKI Palangkaraya Alfrit Dody juga nampak hadir di kegiatan itu Ferdinandus Setu, Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Abhan, SH., MH. (Red/*)