oleh

Kades Lambusa Angkat Bicara Terkait Berita Limbah Tahu Tempe Yang Cemari Sungai

-Daerah-374 views

PETASULTRA.COM,Konsel-terkait pemberitaan pencemaran limbah ke sungai di desa lambusa kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kades angkat bicara terkait pabrik tahu yang mencemari sungai, (25/02/2021).

Kades Desa Lambusa Muh Choirul Rojikin, Menyatakan “Saya cukup mengapresiasi terhadap pemberitaan yang ada di media karena itu membuktikan masih ada teman-teman media yang perduli terhadap lingkungan dengan desa kami”

Lanjut Kades,selama ini saya juga sudah mencarikan solusi terkait penanganan limbah, tapi sampai sekarang memang belum ada cara atau solusi yang sangat efektif dan bisa menanggani limbah tahu tempe tersebut.

“karna limbah pabrik yang cukup banyak,kalau cuman istalasi pengelolaan limbah (IPAL) belum terlalu efektif karna debit air yang begitu banyak sehingga kurang efektif,”ungkapnya

Ia berharap dengan adanya pemberitaan ini ada solusi dan perhatian dari pemerintah daerah (Pemda) untuk membantu kami dalam menangani permasalahan limbah pabrik tahu tempe.

Sementara itu,kepala kecamatan konda Asdiana SE. yang di konfirmasi melalui via telpon mengatakan,menyesalkan kepada pihak pihak yang memberikan ijin untuk mendirikan pabrik tanpa memberikan persyaratan dengan proses kajian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

Baca Juga  Diakhir Ramadhan Kepala Desa Puuhialu,Konut Bagikan BLT

Bau busuk ini sebenarnya kades Lambusa sudah pernah laporkan sekitar tahun 2017/2018 pada saat reses DPRD konsel terkait masalah adanya bau busuk akibat limbah pabrik.sehingga ada pembangunan IPAL itu dari aspirasi DPRD Konsel.

Tapi untuk pencemaran di sungai belum pernah ada laporan ke saya baik dari kadesnya maupun masyarakatnya,”tuturnya

Komentar

News Feed