oleh

Survei The Haluoleo Institute, Paslon Petahana: Rusman-Bachrun Unggul Telak di Pilkada Muna

PETASULTRA.COM-MUNA. The Haluoleo Institute, lembaga survei yang resmi terdaftar di KPU Sultra merilis hasil survei terhadap elaktabilitas Kepala Daerah (Incumben) ditiga Kabupaten yakni Muna, Wakatobi dan Konawe Selatan.

Hasil survei mengambil sampel dari 440 responden dengan memakai metode sampling dan wawancara tatap muka kuisioner, adapun margin eror (tingkat kesalahan) 4,8 persen sedangkan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil survei The Haluoleo Isntitute menyatakan jika incumben ditiga daerah tersebut memiliki nilai elaktabilitas tertinggi, dimana Paslon Bupati dan Wakil Bupati Muna, Rusman-Bachrun berada di posisi pertama dengan hasil survei elaktabilitas 62,7 persen.

Menyusul Paslon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, H. Arhawi-Hardin Laomo 51,9 persen dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga-Rasyid 61,1 persen.

Terkhusus hasil survei perilaku pemilih Kabupaten Muna, menurut Naslim Sarlito Alimin, SPi, Direktur Eksekutif Haluoleo jika LM. Rusman Emba, ST, LM. Rajiun Tumada dan H. La Pili telah memiliki popularitas yang sangat tinggi diatas 90 persen namun angka kesukaan tertinggi dimilili oleh LM. Rusman Emba, ST dengan nilai 80,6 persen.

Baca Juga  Pembangunan Berkelanjutan Indikator DPP Golkar Rekomendasikan Petahana di Pilkada Muna 2020

Selain itu, LM. Rusman Emba, ST-Drs. H. Bachrun, M.Si merupakan nama yang lekat dimemori pemilih pada uji Rop Of Mind mencapai 59,8 persen unggul telak dari LM. Rajiun Tumada-H. La Pili yang baru mencapai 29,1 persen.

Untuk Elektoral, LM. Rusman Emba, ST-Drs. H. Bachrun, M. Si menunjukkan dominasi yang kuat dengan nilai 62,7 persen mengungguli LM. Rajiun Tumada-H. La Pili yang baru mencapai 31,1 persen.

Sedangkan nilai Strong Suporter mencapai 47,5 persen untuk LM. Rusman Emba, ST-Drs. H. Bachrun, M.Si dan 21,4 persen untuk LM Rajiun Tumada dengan nilai swing voters masih cukup besar untuk diperebutkan oleh kedua pasangan calon yang mencapai 32,1 persen.

Sementara untuk tingkat kepuasan terhadap kinerja incumben, secara umum 64,1 persen masyarakat Kabupaten Muna puas dengan kinerja LM. Rusman Emba, ST sebagai Bupati Muna.

Dimana 65,0 persen masyarakat masih menginginkan LM. Rusman Emba, ST untuk menjabat kembali sebagai Bupati periode selanjutnya.

Adapun alasan terbesar masyarakat secara umum dari keinginan untuk melanjutkan kembali pada periode kedua adalah kepribadian 49,3 persen dan kemampuan memecahkan masalah 34,6 persen.

Baca Juga  Atribut Partai Pernah Dibakar, PAN Rekomendasi RAPI di Pilkada Muna

“Laporan ini kami buat dengan mempertahankan kaidah metodologi sesuai dengan kondisi faktual dilapangan. Tanpa ada rekayasa terhadap nilai maupun kandungan informasi yang terkandung didalamnya,” ujar Naslim Sarlito Alimin, melalui rilisnya, Selasa (1/12/2020).

“Secara etika dan tata hukum yang berlaku, kami mempertanggung jawabkan segala konsekuensi bila dikemudian hari terdapat tindakan-tindakan yang mengurangi keabsahan nilai laporan survei,” tambahnya.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed