oleh

Aksi Unjuk Rasa Konutara Minta Pimpinan PT Tiran Mineral Di Periksa

PetaSultra.Com | Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Konsorsium Nasional Pemantau Tambang dan Agraria (KONUTARA) bertandang di Mapolda Sultra, pada Rabu (17/11/21).

Kedatangan mereka adalah untuk meminta Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) agar segera memanggil dan memeriksa pimpinan PT. Tiran Mineral terkait aktivitasnya di wilayah Kab. Konawe Utara.

Sebab, PT. Tiran Mineral di ketahui sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk pembangunan smelter. Akan tetapi, faktanya PT. Tiran Mineral justru tengah asyik melakukan penambangan Operasi Produksi nikel di wilayah Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara.

Dalam Orasinya Korlap Konutara Jefri mengungkapkan bahwa Nama PT Tiran Mineral Tidak masuk Dalam kegiatan Rencana Proyek Strategi Nasional (PSN) yang Di Sesuaian Dengan Paparan PSN Konut tanggal 10 Maret Tahun 2021, Apa lagi pengangkutan (haulling) dan penjualan Ore Nikel PT. Tiran Mineral diduga kuat menggunakan dokumen serta terminal khusus milik perusahaan lain, ucapnya

Sementara itu Asrul rahmani menambahkan persoalan Izin Pinjam Pakai kawasan Hutan (IPPKH) PT Tiran Mineral Kami Duga ada Malahadministrasi menurut kajian kami Izin PT Tiran Mineral adalah Untuk pembangunan Smelter Tapi Di lapangan di Gunakan untuk eksplorasi Dan Eksploitasi Dan Penjualan Ore nikel ini ada apa, ucapnya.

Baca Juga  Bertemu SBY Presiden Jokowi Membicarakan Berbagai Hal

Selain itu Hendro Nilopo menambahkan bahwa Kegiatan PT Tiran mineral Di IUP Exs PT Celebes Pasifik Mineral (IUP Tidak Aktif Dan Telah Di Cabut Tahun 2015) Adalah Lokasi cadangan Nikel Di Konawe Utara Yang Dimana menurut mereka Tidak boleh cadangan Nikel Didirikan pembangunan Pabrik Smelter Maka dasar Itu mereka menduga ada malah administrasi dalam Izin pembangunan Smelter PT Tiran Mineral Di IUP Exs Celebes.

Di Tempat yang Sama Muh Gilang Anugrah (MGA) menyampaikan Bahwa Dengan adanya Aksi Unjuk Rasa Di Polda Sultra Dan DPRD Sultra Kami Berharap Pihak Terkait Dalam Hal Ini Polda Sultra agar Segera mengecek Izin Izin PT Tiran mineral Dan Menjadi Prioritas Dan Untuk DPRD Sultra agar segera mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bersama Instansi Terkait. tutupnya

Perlu di ketahui Konutara adalah konsorsium yang tergabung dari beberapa lembaga di antaranya KAPITAN SULTRA ,AMPUH SULTRA, PP JAMINDO dan P3D KONUT.

Komentar

News Feed