oleh

Ditresnarkoba Polda Jatim Bekuk Pengedar Sabu dan Extacy

PETASULTRA.COM – SURABAYA. Dua pengedar narkotika berhasil diringkus oleh Subdit II Ditresnarkoba Polda Jatim dengan menyelundupkan 3,9 kg sabu dan 996 butir pil extacy dari negara Malaysia melalui expedisi jalur laut.

Tersangka berinisial ICK sebagai pengedar dan juga seorang wanita pemesan berinisial RA diringkus saat sebuah paket asal Malaysia dicurigai sebagai narkotika oleh petugas bea cukai pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dengan penelusuran paket yang dicurigai tersebut akhirnya petugas Bea Cukai bersama petugas dari Ditresnarkoba Polda Jatim menangkap tersangka ICK sebagai kurir dan RA selaku pemesan barang haram tersebut.

Sabu seberat 3,9 kg akhirnya dapat diamankan petugas berbentuk delapan poket serta dua poket plastik berisikan 996 butir extacy.

Pengakuan tersangka dalam pemeriksaan barang haram tersebut dipesan dari seorang bandar asal negeri Jiran Malaysia.

Dalam penjelasan, “terbongkarnya penyelundupan narkoba antar negara ini membuktikan kepolisian Indonesia tidak surut memerangi narkotika sekalipun ditengah wabah pandemi covid.” jelas Kombes Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim. Bersama Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Jatim Kompol James. S mewakili Kombes Hanny Hidayat Dirreskoba Polda Jatim. Senin (27/09/2021).

Baca Juga  Gus Hans Harap Fasilitas Rehabilitasi Di siapkan Agar Tak Terjadi Penyelewengan Hukum Oleh Oknum Aparat

Modus Operandi jaringan narkoba Malaysia ini dengan cara memasukkan barang Sabu dan Extacy ke dalam kaleng makanan yang dimasukan kedalam kardus yang sudah dimodifikasi berisi makanan dan pakaian dan dikirim dari Malaysia ke surabaya melalui jalur laut.

Kedua tersangka dalam hal ini akan dijerat Pasal 114 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan/atau ; dijerat Pasal 112 Ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Juncto Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Dalam penangkapan ini berhasil diamankan Barang Bukti berupa 8 bungkus plastik diduga Sabu berat kotor total 3 984 gram dengan bungkus 500 (lima ratus) gram 2 bungkus. 499 (empat ratus sembilan puluh sembilan) gram sebanyak 4 bungkus. Dan sebungkus 498 (empat ratus sembilan puluh delapan) gram juga sebungkus 490 (empat ratus sembilan puluh) gram.

Selain itu diamankan pula bungkus plastik diduga Extacy (berbagai macam warna) berjumlah total 996 (sembilan ratus sembilan puluh enam) butir.

Baca Juga  KARYA ALUMINIUM Telah Hadir Di Kota Kendari ,Berbagai Model Dan Harga Terjangkau

Sebuah surat jalan dan tanda terima barang dari PT. Puskita Mekar Abadi bernomor PS 8625 dan sebuah kardus juga 10 (sepuluh) buah kaleng bekas serta HP bermerk Nokia warna hitam beserta SIM cardnya juga diamankan. (Red)

Komentar

News Feed