oleh

Banyak Masyarakat Tidak Patuhi Prokes Dimasa PPKM Level 3

PETASULTRA.COM-MUNA, Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Sultra, yang melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Muna, menemukan masih banyak masyarakat tidak patuh terhadap Protokol kesehatan (Prokes) dimasa kebijakan PPKM level 3 yang diperpanjang hingga 9 Agustus.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, M. Yusuf pada media ini. Kata dia, penegakan prokes di Muna sudah dilaksanakan namun belum maksimal.

Dibuktikan, saat melakukan sosialisasi dibeberapa titik yakni pelabuhan nusantara raha, sepanjang jalan By Pass dan pasar sentral laino dimana terlihat disejumlah tempat fasilitas umum masih ada aktifitas berkumpul dan sebagian besar masyarakat tidak memakai masker.

“Kan kasihan masyarakat kalau sampai terpapar apalagi berdampak sampai di keluarga baik anak, istri, suami dan orang tua. Maka penting memberikan edukasi terkait vaksinasi dan patuhi prokes guna menekan laju merabaknya Covid-19,” terangnya pada media ini, Selasa (3/8/2021).

Disisi lain, Kepala BPBD Sultra itu mengakui saat melakukan peninjauan di Puskesmas Katobu, animo masyarakat muna juga terbilang tinggi dalam mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemkab setempat.

Baca Juga  Aliansi Mahasiswa Dan Pemuda Sultra Meminta,Gubernur,Ketua DPRD,Kepala Imigrasi Turun Dari Jabatannya.

Diketahui, dalam agenda sosialisasi dan edukasi penanganan Covid-19, ada lima poin yang menjadi konsen tim Satgas Covid-19 Sultra melakukan kunker di tiga Kabupaten/Kota, Muna, Mubar dan Buteng yakni meninjau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) 5M 3T yang dilakukan Pemkab setempat.

Meninjau pelaksanaan vaksinasi apakah tepat sasaran dan terkait animo masyarakat. Kemudian dalam penanganan isolasi mandiri (isoman) terpusat.

Meninjau kebijakan PPKM level 3 yang diterapkan ditiga Kabupaten/Kota serta meninjau proses penyaluran bantuan sosial (bansos) pada masyarakat yang terdampak selama kebijakan PPKM level 3.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed