oleh

Bantah Larang Wartawan Meliput, Dandim 1416 Muna: Kunker Internal Pangdam

PETASULTRA.COM-MUNA, Dandim 1416 Muna, Letkol Arm. Andi Akbar akhirnya mengklarifikasi terkait adanya larangan terhadap sejumlah awak media yang hendak meliput kunjungan kerja (Kunker) Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI M. Syafei Kasno di Kabupaten Muna pada, Kamis (27/5/2021).

Kata Andi Akbar, sebelum kunker Pangdam di Muna, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kominfo bahwa agenda tersebut bersifat internal namun dirangkaikan silaturahmi bersama forkopimda.

“Hanya miskomunikasi, sebenarnya tidak ada larangan liputan hanya saja sifatnya memang internal terkait kebijakan pertahanan yang tidak bisa diekspos ke publik,” kata Andi Akbar dihadapan awak media, Jumat (28/5/2021).

Selain itu, silaturahmi Pangdam XIV/Hasanuddin bersama Wakil Bupati Muna, Ir. Malik Ditu dan Bupati Muna Barat, Ahmad Lamani beserta Forkopimda dilakukan secara tertutup dan sesuai protokol kesehatan.

“Jadi pada dasarnya baik Kodam, Korem maupun Kodim tidak pernah melarang meliput hanya saja tidak semua kegiatan bersifat publik, jika ada yang perlu disampaikan ada bagian penerangan yang akan menyampaikan rilis kepada kawan media,” terangnya.

Baca Juga  Usai Iringan Konvoi RAPI, Mobil Beratribut Demokrat-Nasdem Terlibat Tabrakan Beruntun

Terkait sejumlah awak media yang dicegat anggota bersenjata, sambung perwira dua bunga itu, yang dilakukan anggota sesuai prosedur tetap (Protap) terhadap keamanan pejabat Negara.

“Melihat dari aspek keamanan, kedatangan Pangdam dengan pengawalan VVIP, begitu juga Presiden maupun pejabat negara lainnya, dimana tempat yang dikunjungi disterilkan sementara, jadi bukan mau mendiskriminasi kawan media,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail mengatakan, sebelum kunjungan ke Kodim 1416 Muna, Pangdam telah mengunjungi satuan jajaran di wilayah Buton yaitu Kodim 1429 Butur, Kodim 1413 Buton dan Kompi A Yonif 725 Woroagi.

“Kunker seperti ini lumrah dilaksanakan para pejabat baru, seperti halnya Mayjen TNI M. Syafei Kasno yang menggantikan Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka sebagai Pangdam XIV/Hsn,” kata Rusmin.

Rusmin menerangkan, agenda Pangdam adalah hanya silahturahmi dan tatap muka dengan anggota jajaran TNI di Kodim, termasuk Forkopimda masing-masing daerah.

“Karena masih pandemi COVID-19, maka kegiatan silaturahmi dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan terbatas,” imbuhnya.

Dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan yang bersifat khusus dan tidak berlangsung lama. Pangdam hanya memberikan motivasi dan meminta agar para prajurit teritorial senantiasa memberikan teladan dan contoh yang baik kepada masyarakat dengan bersikap, berturut serta senantiasa berfikir secara positif.

Baca Juga  Masuk Zona Merah, Korem 143/HO Donasikan 100 Pcs. APD ke Gugus Tugas Covid-19 Muna

Dihadapkan dengan pandemi COVID-19, tambah Rusmin, Pangdam menyampaikan agar seluruh prajurit, PNS dan anggota Persit KCK Cabang XLIX Kodim1416 Muna menjaga kondisi fisiknya serta bijak dalam menggunakan media sosial.

“Selain menjaga kesehatan, Pangdam juga memerintahkan agar senantiasa berlatih dan bijak dalam menggunakan media sosial. Ini berlaku bagi prajurit dan keluarga,” pungkasnya.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed