oleh

Terkait Aduan Dugaan Ilegal Mining PT. TMT dan PT. ARP, Kredibiltas Polda Sultra di Pertanyakan.

PETASULTRA.COM.,KENDARI – Menyoal dugaan aktivitas ilegal mining di Desa Waturapa, Kecamatan Palangga Selatan, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Law Mining Center (LMC) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyoroti aduan yang di layangkan ke Kepolisan Daerah (Polda) Sultra.(28/4/2021)

Ardianto, Sekeretari Jendral (Sekjend) Lmc Sultra, mengatakan bahwa kredibilitas Polda Sultra dalam menindak kasus dugaan Ilegal Mining di Desa Waturapa di pertanyakan.

“sudah sebulan kami melayangkan aduan dugaan ilegal mining yang terjadi di Desa Waturapa, Namun hingga hari ini kinerja aparat penegak hukum dalam hal ini Mapolda Sultra belum ada reaksi sama sekali,” ucapnya

Ardi, Sapaan Akrabnya, mengatakan bahwa jika aparat penegak hukum (APH) belum menindak dugaan tersebut, ia mengatakan tidak menutut kemungkinan kekayaan sumber daya alam bakal di ekspolitasi seenaknya.

“terkait aduan kami kemarin, yang kami adukan yakni PT. Tiar Mora Tambang dan PT. Alam Raya Pratiwi, kemudian setelah kami kroscek di lapangan, ternyata ada banyak perusahaan yang beraktivitas di sana,” bebernya.

Baca Juga  Keenakan Menambang Tanpa Jeti. PT Timah Investasi Mineral Mendapat Sorotan Dari Pemuda Asal Kabaena

Pada tempat yang sama, Anto Madusila, Kepala Bidang Hukum dan Ham LMC Sultra, mengatakan bahwa aktivitas di Desa Waturapa di duga Keras melakukan kegiatan operasi produksi bertentangan dengan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang perubahaan atas Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batubara (Minerba).

“seharusnya terkait aduan kami mampu di tindak lanjuti dengan sigap, karena bila melihat terkait aduan kami bertentangan dengan undang-undang minerba no 4 tahun 2009 tentang perubahaan atas uu no 3 tahun 2020,” tegasnya.

ia mendesak agar pihak polda sutra untuk segera mengambil kebijakan untuk menindak dan melakukan Police Line aktivitas perusahaan di Desa Waturapa, karena di duga melakukan ilegal mining di lahan lahan koridor harapnya.

Komentar

News Feed