oleh

Uji Coba Traffic Light Pengguna Jalan Nyaris Saling Tabrak

PETASULTRA.COM-MUNA. Uji coba beroperasinya Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau Traffic Light disimpang empat jalan Gatot Subroto (depan Polsek Katobu) sempat membuat para pengguna jalan yang melintas kebingungan dan nyaris saling tabrak, Jumat (12/3/2021).

Pasalnya, uji coba APILL yang dilakukan pada siang hari itu terkesan mendadak dan tanpa sosialisasi sebelumnya kepada para pengguna jalan, beruntung sejumlah personil kepolisian yang dipimpin Kapolsek Katobu, IPTU Darul Aqsa yang baru mengetahui segera menertibkan jalannya arus lalu lintas.

Pantuan PetaSultra.Com, nyaris saling tabrak diakibatkan karena saat APILL yang terpasang diempat sisi dengan kode merah, kuning, hijau tidak semua menyala, membuat pengguna jalan yang melintas nampak kebingungan sehingga ada yang langsung berhenti dan sebagian lagi mengabaikan.

Pengawas pekerjaan APILL, Kasmin mengatakan, pekerjaan satu titik pemasangan APILL disimpang empat jalan Gatot Subroto dan sembilan titik lampu penerangan jalan di Desa Labunti anggarannya bersumber dari APBN Tahun 2021 dengan nilai kontrak kisaran Rp. 700 juta.

Dimana saat ini, pihaknya masih sebatas melakukan uji coba sebelum APILL dapat beroperasi dan kemudian diserah terimakan kepada Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Daerah Muna melalui Dinas Perhubungan.

Baca Juga  Danrem 143 Ho, Kunker ke Mako Yonif 725 Woroagi

“Saat ini masih sebatas uji coba, kita mengecek kesiapannya apa APILL sudah layak beroprasi atau belum,” ujarnya saat ditemui PetaSultra.Com disela uji coba pengoprasian APILL.

Namun saat ditanyakan kapan APILL dapat beroperasi, Kasmin mengaku belum mengetahui.

“Kalau untuk teknis kapan APILL dapat beroperasi saya belum tahu, saya kordinasikan dulu sama atasan (pihak rekanan) nanti saya kabari tapi kalau lampu penerangan di Desa Labunti sudah menyala,” timpalnya.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed