oleh

Borong 22 Medali, Kecamatan Lohia “Jawara” STQ Tingkat Kabupaten

PETASULTRA.COM-MUNA. Kecamatan Lohia keluar sebagai juara umum dengan nilai 88 usai berhasil membawa para Khafilanya memborong 22 medali pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Muna, Kamis (25/2/2021).

Khafila dari Lohia menjuarai 9 Cabang dari 10 Cabang lomba yang diikuti dengan menyabet 11 medali emas dan 11 medali perak, yakni pada cabang Tilawah, Qiraat, Hifzhil, Fahmil Quran, Syahril Quran, Kaligrafi, Hadis, Kasidah dan Pawai Taaruf.

Sementara untuk cabang Tafsir Quran, Kecamatan Lohia tidak menurunkan khafilanya.

Camat Lohia, Hajar Sosi mengucap rasa syukur karena para Khafilanya mampu memberikan yang terbaik, hal itu tidak terlepas dari predikat Kecamatan Lohia sebagai kampung Qur’an (Desa Mantobua) dan kampung Khaligrafi (Desa Mabolu).

Kata Hajar Sosi, prestasi terbaik yang ditorehkan Kecamatan Lohia tentunya tidak terlepas dari peran seluruh lintas sektorat, pembina Kampung Qur’an dan Khaligrafi, KUA, pendamping khafila serta masyarakat setempat yang sudah banyak mendukung.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba, ST foto bersama juara STQ. (Arto Rasyid)

Sehingga secara berturut Kecamatan Lohia mempersembahkan yang terbaik yakni menjadi juara umum pada ajang STQ ke XXVI tahun 2021 dan MTQ pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga  Antusias Warga Agus Salim Membludak di Peresmian Posko Pemenangan Rusman-Bachrun

“Pencapaian ini justru menjadi cambukan untuk tetap memberikan yang terbaik, saya ucapkan terima kasih kepada para khafila yang mampu tampil maksimal sehingga dapat mempertahankan juara umum,” ujarnya pada media ini.

Kegiatan STQ ke XXVI tingkat Kabupaten Muna melombakan 10 Cabang dan 24 Golongan, yang diikuti 22 Kecamatan dengan jumlah 526 peserta yang terdiri dari 233 putera dan 329 puteri untuk memperebutkan 144 medali.

Adapun diantara pembacaan hasil keputusan dewan hakim, Kecamatan Kontukowuna sebagai tuan rumah menjadi juara pada cabang bintang vokal dan kasidah.

Untuk cabang Pawai Taaruf, barisan Kecamatan Kabangka juara I, menyusul barisan Kecamatan Lohia dan Kecamatan Kontukowuna juara II dan III.

Sedangkan untuk barisan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), barisan Kemenag juara I, Inspektorat juara II dan Dikbud juara III.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed