oleh

Limbah pabrik tahu cemari sungai, Kapus Konda angkat bicara

PETASULTRA.COM, Konsel – kepala pusat kesehatan masyarakat (kapus) Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyayangkan pembuangan limbah pabrik tahu yang dibuang kesungai (24/02/2021)

Kepala puskesmas yang ditemui di kediamannya mengatakan, sudah berkali-kali kami melakukan teguran dan mengedukasi agar tidak melakukan pembuangan limbah di sungai. Karena jelas dari segi kesehatan tidak dibenarkan. Dampaknya kurang baik bagi kesehatan masyarakat.

“Mestinya Dinas lingkungan hidup dan dinas perizinan tidak memberikan izin usaha tanpa melalui proses kajian AMDAL. Tapi bukti di lapangan masih banyak pabrik tahu yang tidak melakukan aturan main lingkungan hidup dengan membuang limbah sembarang”bebernya.

Pemda dan Pemrov sendiri sudah pernah turun lapangan bahkan ada beberapa pabrik yang sudah di buatkan lubang peresapan seperti Ipal, tapi tidak pernah berhasil menyelesaikan masalah.

Limbah ini bukan skala kecamatan lagi, tetapi urusan dinas provinsi terkait. Bahkan, dari Pemprov sendiri sudah pernah beraktifitas di pabrik dalam meninjau limbah tapi tidak bisa menyelesaikannya, karena dalam satu pabrik produksi perharinya menampung puluhan kubik limbah tahu yang perhari volumenya sangat besar.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi Kesebelas Begini Lika Liku Resto Misticanza Bertahan

Harapan kami supaya pihak pemerintah Kabupaten Konawe Selatan khususnya Dinas Lingkungan Hidup ataupun pihak terkait agar segera melakukan investigasi dan turun di lapangan, untuk melihat secara langsung sebelum banyak menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Bau busuk ini bukan kali ini saja, tapi sudah bertahun tahun bahkan bupati konsel sendiri sudah sering mencium bau busuk ketika melewat jalan poros desa lambusa”tutupnya.

Laporan: Ikbal

Komentar

News Feed