oleh

Diduga korupsi Dana Desa kades Benua Utama Konsel,di demo

PETASULTRA.COM,Konawe Selatan – Masa aksi yang tergabung Lembaga Pemersatu Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (LEPHAM) memadati Kantor Insfektorat Kabupaten Konawe Selatan (KONSEL) Propinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA).

Melalui Koordinator Lapangan (KORLAP) masa aksi Jusrin Saloko, yang menyuarakan aspirasi masyarakat Desa Benua Utama Kecamatan Benua Rabu (06/01/2021).

Dalam aksinya Jusrin mengatakan,mendesak Kepala Insfektorat untuk menurunkan Tim Audit agar turun Evaluasi kenerja Oknum Kepala Desa (KADES). Benua Utama yang diduga telah menyala gunakan wewenangnya sebagai Kades.

“Pasalnya Oknum Kades tersebut diduga menggelapkan Dana Negara dengan tapsiran anggaran Rp. 300.000,000 kurang lebih. Tahun anggaran 2020 dan parahnya lagi Oknum Kades tidak menyalurkan Dana penanganan khusus akibat dampak Covid_19 tahap tiga selama 3 bulan yang terhitung mulai dari Oktober, November, Desember, melainkan fakta di lapangan penyaluran BLT hanya dibayarkan satu (1) bulan saja, yaitu bulan Oktober bahkan parahnya lagi Honor Guru mengaji dipotong sebanyak Rp. 50,000.

Selaku Lembaga Kontrol Sosial masyarakat merasa kecewa dengan Kepala Insfektorat yang tidak profesional menyalankan tugas untuk mengontrol, mengawasi kinerja Kepala Desa dalam hal pengelolaan Dana Desa (DD). Tetapi Hari ini yang kami suarakan ialah temuan dilapangan khususnya di Desa Benua yang terkesan Insfektorat tutup mata tutup telingga yang telah terjadi.pungkas jusrin

Merasa tidak puas dengan apa yang menjadi tuntutan masa aksi kepada Kepala Insfektorat yang di Wakili oleh Sekdis Insfektorat, masa melanjutkan aksinya di kantor Kejaksaan Negeri (KEJARI) Andoolo .

Baca Juga  Kado Akhir Tahun, 11 PAMA dan 76 Bintara Polres Muna Naik Pangkat

Tanpa harus menunggu lama saat menyuarakan aspirasi Masyarakat yang diduga telah dikebiri Oknum Kades didepan Kantor Kejaksaan Negeri Andoolo, masa pun dipersilakan masuk menemui Kepala Kejari Dr. Aprilliana Purba, SH, MH diruangannya,.dan di Wakili beberapa koordinator aksi

Dalam sambutan Kejari Andoolo mengatakan” sangat mengapresiasi serta senang dengan kinerja adik – adik ataupun teman – teman Lembaga, NJO yang menyuarakan asfirasi Masyarakat melalui demo dengan cara teratur dan itu sudah sesuai peraturan yang berlaku.

Sekali lagi Kajari Andoolo memberikan afresiasi kepada adik – adik yang telah menyelematkan uang Negara terkait dugaan penyala gunaan Uang Negara yang dilakukan oleh Oknum Desa.

Kajari menegaskan akan segera melakukan pemanggilan serta meninjauh kebenarannya sesuai apa yang menjadi tuntutan adik – adik dari Lembaga pemerhati masyarakat.

Dan Hari ini pula selaku Kejari Andoolo langsung disposisi laporan tersebut, agar segera turun dilapangan.

Komentar

News Feed