oleh

Pemdes Laeya Salurkan bantuan langsung Tunai Dana Desa ke 85 Warga.

PETASULTRA.COM ,KONAWE SELATAN- Sebanyak 85 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hari ini terima Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 pada Selasa, (29/12/2020).

Penerima BLT yang kedua kalinya itu,  Langsung di serahkan oleh Pemerintah Kecamatan Laeya Hadismar, S.Pi,  Dengan jumlah yang diterima per KPM Sebesar Rp. 900.000 yang terbagi perbulannya Sebesar Rp. 300.000.

Yang dimana sebelumnya Pemerintah Desa Laeya juga telah menyalurkan bantuan langsung tunai sebesar Rp. 1.800.000 per KPM yang terbagi perbulannya Sebesar Rp. 600.000.

Dalam sambutannya Kepala Desa Laeya, Haerudin mengatakan bahwa berdasarkan kondisi keuangan yang di dapatkan didesanya pada tahun anggaran 2020, berjumlah Rp. 755,733, 000. Bantuan Langsung Tunai telah di alokasikan sebesar Rp. 229. 500.000 yang presentasi nya telah mencapai 30 persen dari sumber anggaran yang ada.

Lebih lanjut, dalam penyaluran BLT sejak bulan Juli sampai September ini, Pemerintah Desa Laeya  telah mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 101 Tahun 2020 yang patronya minimal harus membayarkan dari bulan April hingga September 2020.

Baca Juga  Tuntutan Perda Tentang BPD Jadi Fokus Utama Pertemuan Asosiasi BPD Konsel

” Karena kondisi keuangan kita yang terbatas di tahap ketiga ini, maka kita hanya mengusahakan membayarkan BLT sampai Bulai September saja, hal itu sesuai dengan PMK 101 Tahun 2020,” kata Haerudin

Selain itu, di tahun 2020. Lanjut Haerudin, Pemerintah Desa Laeya berdasarkan hasil Musyawarah Desa   telah mengalokasikan anggaran pada kegiatan Peningkatan jalan, Pembangunan Saluran Drainase, Pembangunan Deker, Pembangunan Sumur Bor, Pembangunan WC Komunal dan Pengadaan kWh dan Instalasi Listrik sebanyak 30 Unit.

Ditambah dalam upaya pencegahan Covid 19 Pemerintah Desa Laeya juga  telah mengucurkan anggaran untuk Pencegahan Covid 19 berupa Pengadaan Masker, Sabun Cair dan Penyemprotan Disinfektan.

” Semua program yang ada dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) di Tahun 2020 ini telah kita rampungkan tepat waktu, tentu ini tidak bisa dicapai jika pemerintah desa yang bekerja sendiri. Sehingga kami banyak mengucapkan terima kasi atas kerjasama semua stekholder, Lembaga masyarakat dan masyarakat Desa Laeya dalam mensukseskan program pembangunan Desa, di tengah Pandemi Covid-19 ini,”

Baca Juga  DANDIM KENDARI : MOMENTUM HARI LAHIR PANCASILA JADIKAN SEMANGAT JUANG BEKERJA

Pria yang kerap disapa Aco itu juga, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pemerintah daerah Konawe Selatan, yang dimana pada tahun 2020 ini telah memberikan berbagai bantuan untuk membantu pemerintah desa dalam rangka mempercepat program pembangunan Desa.

Ditempat yang sama, Camat Laeya, Hadismar menghimbau agar masyarakat terus memperhatikan Protokol Kesehatan, Serta  dalàm penyambutan tahun baru 1 Januari 2021 yang tinggal menghitung hari lagi  agar tidak terlalu berlebihan.

” Kita himbau agar masyarakat Jagan terlalu bereforia dalam menyambut tahun baru, serta berpesta pora mengkonsumsi minuman keras ( Miras) sehinga nantinya akan berhadapan dengan Hukum. yang susah pasti akan kembali pada dirinya sendiri, ” kata Hadismar

Ditempat yang sama, Penerima BLT,  Ardi (22 Tahun) mengaku, sangat terbantu dengan adanya Bantuan Langsung Tunai.

” Kami sangat berterima kasih, hadirnya BLT ini tentu bisa meringankan beban perekonomian masyarakat di tengah Pandemi,”

Komentar

News Feed