oleh

Kapolres Konsel Di Tantang Tangkap Oknum Pemain Tambang ilegal Di Lahan Celah PT MMM dan PT JR 

KonselPetasultra.com-Para kontraktor Mining yang menjadi join operasional (JO) selalu saja buat ulah. Tanpa IUP pun, Kontraktor mining berani melakukan aktivitas penambangan Ilegall . Hal ini dapat dilihat dari aktivitas di lahan PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JR) di kecamatan palangga kabupaten Konawe Selatan ,Kontraktor Mining ini diduga mencoba mengeruk nikel dilahan celah tanpa IUP.  Prilaku ini melanggar Pasal 158 UU Pertambangan. Hal ini disampaikan oleh Humas study mining center (SMC) Sultra ,Andi,r

Andi,r menuturkan, pihaknya telah melakukan investigasi dan menemukan lahan tanpa IUP yang dikerjakan oleh beberapa oknum di lahan celah  di lahan PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JRA)Dia menuding perusahaan ini diduga melakukan aktivitas tambang Ilegall. Andi menuturkan setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR, atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah). (Minggu/20/2020)

Baca Juga  AVOCI Bandung Raya Dikukuhkan Berikut Kegiatan Yang Dilakukan

“Kami mendesak kapolres konsel.segera tangkap oknum-oknum  pemain tambang   di lahan celah PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JR) diduga melakukan aktivitas tambang tanpa IUP,”tegasnya

Andi,r menjelaskan PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JR) sudah beberapa pekan  dijadikan penambangan Ilegall dan bahkan sudah beberapa pengapalan pengakutan ore nikel ,Dia meminta Polisi, Dinas Kehutanan, Dinas ESDM, dan Lembaga Swadaya yang fokus pada lingkungan segera mengecek kegiatan di perusahaan tersebut dan kemungkinan besar dugaan saya dokumen yang dipakai untuk melakukan pelayaran kapal tongkang diduga milik PT. Integra Mining Nusantara,” bebernya.

“Kami punya data kordinat dan lokasi pertambangan yang dilakukan. Segera cek lokasi penambangan tersebut. Kami duga ada beberapa oknum pemain tambang   di lahan celah PT Macika Mada Madana (MMM) dan PT Jagad Rayatama (JR) tanpa IUP di kawasan APL,”tuturnya.

Andi.r menutupkan,jika tidak ada progres penyidikan Kapolres Konsel  , dirinya akan melaporkan langsung ke KPK RI dan Bareskrim Polri.

Baca Juga  Jaga Kebersamaan dan Kondusifitas Danrem 143/HO Ngopi Bareng Bersama Rekan Media

Komentar

News Feed