oleh

Bertambah Tiga Positif dari Klaster Baru, Kadinkes Muna: Jangan Panik, Pasien Positif Covid-19 Terbukti Dapat Disembuhkan

PETASULTRA.COM-MUNA. Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Muna kembali mendapatkan hasil swab tenggorokan dari BBLK Makassar terhadap 42 warga OTG dan PDP dari klaster GPIB, KM. Ngapulu, Dorolonda dan Cluster Sukabumi. Dimana tiga warga dinyatakan terkonfirmasi positif Virus Corona, Minggu (31/5/2020) malam.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Muna, dr. Muhammad Abdul Wahid menerangkan, dari 42 warga yang menjalani uji swab dengan Real Time-PCR, hasilnya tiga warga terkonfirmasi positif dari dua cluster baru yang berbeda yakni, laki-laki (51) berdomsili Kecamatan Parigi, cluster KM. Ngapulu, serta laki-laki (42) dan perempuan (20) berdomisili Kecamatan Maligano, cluster KM. Dorolonda.

“Secara rinci 42 warga yang jalani uji swab pada 21-22 Mei 2020 lalu bertempat di RSUD Muna yaitu 4 warga cluster GPIB, 4 warga cluster Sukabumi, 15 warga cluster KM. Ngapulu, 12 warga cluster KM. Dorolonda, 1 PDP berat, 6 warga ODP dari Puskesmas,” jelas dr. Wahid melalui Confrensi Pers di Posko terpadu Covid-19 (Kantor BPBD).

dr. Wahid mengatakan saat ini Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Muna, membuat pemetaan dan strategi baru guna mempersempit penyebaran pandemi Covid-19, yakni dengan melakukan tracing terhadap kontak erat tiga warga positif cluster KM. Ngapul dan KM. Dorolonda.

Baca Juga  Diduga Tidak Memiliki Berkas RPTKA, HMI Kendari Desak 310 TKA Dideportase

Dimana warga yang memiliki kontak sangat erat langsung diuji swab sementara warga yang kurang erat dilakukan rapid tes Covid-19, tentu disamping cluster Magetan dan Gowa.

“Saat ini Gugus Tugas Covid-19 Muna telah memperketat pintu penyebrangan dengan melakukan koordinasi dengan KKP asal penumpang, begitu juga yang mau keluar dari Muna. Kami menggunakan screening rapid test Covid untuk penerbangan dan menggunakan from screening zona merah untuk penyebrangan menggunakan kapal laut,” bebernya.

Mewakili Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Muna, Kepala Dinas Kesahatan, La Ode Rimba Sua mengatakan, saat ini yang terpenting bagaimana menyampaikan kepada publik agar tidak panik berlebihan ditengah pandemi Covid-19, sebab di Muna telah terbukti pasien terkonfirmasi positif virus corona dapat disembuhkan.

“Tentunya melalui kesampatan ini saya himbau agar masyarakat tidak takut karena virus corona ini bukanlah aib sebagaimana berulang kali yang disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Muna, dr. Wahid,” ungkapnya.

Diketahui turut hadir dalam confrensi pers terkait tambahan tiga warga terkonfirmasi positif Covid-19 yakni Kepala Pelaksana BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai, SE serta Direktur RSUD Muna, dr. Muhammad Marlin.

Baca Juga  AMPUH SULTRA : Gubernur Harusnya Lebih Prioritaskan Hadapi Pandemi Covid-19, Bukan Urus Pagar Rujab Gubernur

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed