Bupati Muna secara simbois serahkan BLT DD bagi warga penerima di desa wapuale. (PetaSultra.Com)

PETASULTRA.COM – MUNA. Beragam upaya tengah dilakukan Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST, untuk membantu masyarakatnya yang terdampak Covid-19, diantaranya dengan menyasar Desa yang cukup terpencil guna memastikan dalam pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tepat sasaran, Selasa (12/5/2020).

Seperti pada Desa Wapuale di Kecamatan Parigi, yang letaknya cukup terpencil dari pemukiman desa tetangga, dimana untuk sampai kesana harus melalui hutan dengan medan berbatu serta jarak tempuh sekitar tujuh kilo dari jalan utama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam, mengingatkan kepada Camat dan Kepala Desa setempat jangan sampai ada kesalahan dalam pendataan dimana warga yang seharusnya dapat namun tidak terdata.

“Dalam pendistribusian BLT DD saya kira aturannya jelas, warga yang wajib menerima merupakan warga yang tidak terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terang Rustam.

Ia menambahkan jika besaran BLT DD yang diterima Rp. 600 ribu per bulan dengan total yang diterima sebesar Rp. 1,8 juta selama tiga bulan nyakni Maret-Juni.

Baca Juga  Kucilkan Keluarga Positif Covid-19, Ibarat Sekelompok Pengkhianat Dalam Perang, Ini Penjelasan dr. wahid

“Tidak sampai disitu, penerima harus pastikan besaran yang diterima Rp. 600 ribu, jika kurang sepersen pun segara adukan maka kita akan proses hukum pelaku pemotongan,” ungkapnya.

Foto bersama Bupati Muna dengan penerima BLT DD. (PetaSultra.Com)

Sementara itu, Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST mengatakan, tujuan kedatangannya selain untuk memastikan pendistribusian BLT DD tepat sasaran, sekaligus meninjau akses jalan Desa Wapuale.

“Saya datang dengan Kadis PU, dengan melihat kondisi jalan Insya Allah berakhirnya Covid-19 atau tahun 2021 jalannya akan diperbaiki,” ucap Bupati Muna yang disambut tepuk tangan warga Desa Wapuale.

Tak lupa Bupati Muna, kembali mengingatkan kepada warga dalam mengantisipasi makin mewabahnya pandemi Covid-19, kiranya yang terpeting dengan menjaga daya tahan tubuh serta wajib mengenakan masker.

“Jadi kalau masyarakat merasa imun tubuhnya menurun segera temui Kades atau Kapus agar diberikan vitamin karena disetiap kecamatan sudah disiapkan anggaran peningkatan imun tubuh4,” pungkas orang nomor satu di Bumi Sowite itu.

Diketahui Bupati Muna Laode Muh. Rusman Emba, ST yang turut didampingi Kadis PU Muna, Eddy Uga, Sekwan DPRD Muna, Edy Ridwan, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Muna, Yakob beserta rombongan turut memantau pendistribusian BLT DD di Desa Latampu dan Desa Parigi Kecamatan parigi, serta di Desa Lianosa Kecamatan Tongkuno Selatan.

Baca Juga  Jalan rusak parah di Landono Konawe Selatan,warga tanam pisang di tengah jalan harap pemerintah perbaikan

Penulis: Arto Rasyid