oleh

Satgas Pangan Gencar Sosialisasikan Stok Pangan Murah di Pasar Kecamatan

PETASULTRA.COM – MUNA. Dalam upaya pencegahan dini pandemi Virus Corona, selain membentuk Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Muna juga membentuk Tim Satgas Pengendalian Pangan.

Satgas yang diketuai Pj. Sekda Muna, Muhammad Djudul, M.Si itu, terus melakukan pemantauan atas kelangkaan pangan yang terjadi ditengah masyarakat.

Tim Satgas pangan ini setiap hari melakukan pengecekan harga di 22 pasar Kecamatan, sekaligus memberi himbauan menggunakan mobil informasi kepada masyarakat atas kesiapan Pemkab Muna menyediakan stok pangan dengan harga murah.

Kepala Dinas Kominfo Muna, Dahlan Kalega mengatakan, selain memberi informasi mengenai pangan, masyarakat juga dihimbau agar menerapkan social distancing untuk pencegahan penyebaran virus corona.

“Himbauan dilakukan dari kecamatan sampai desa, melakukan social distancing dengan menjaga jarak, sering mencuci tangan, tidak keluar rumah jika tidak mendesak dan sebagainya,” ujar Dahlan pada PetaSultra.Com, (5/4/2020).

Tim Satgas Pengendali Pangan Pemkab Muna. (Istimewa)

Menurut Dahlan, upaya yang dilakukan sesuai instruksi Bupati Muna, dalam operasi dan pengecekan harga terutama harga beras, gula pasir dan stok pangan lainnya yang terkadang merupakan permainan dari tengkulak memanfaatkan keadaan ditengah pencegahan Covid-19, dengan menaikan harga sesuka hati sehingga kemapuan daya beli masyarakat terbatas.

Baca Juga  Aksi BPBD Muna Berbagi 2500 Masker, Seketika Ludes Diserbu Warga

“Dihimbau pada masyarakat yang mengetahui ada pihak tertentu melakukan penimbunan pangan untuk segera laporkan ke pemerintah setempat atau pihak yang berwajib,” tegasnya.

Selain melakukan mobile informasi, Satgas pangan juga memasang baliho disetiap kecamatan dengan tujuan agar masyarakat tidak resah dan panik mengenai pangan sekaligus mengarahkan seluruh Camat untuk membentuk pos Satgas pangan agar dapat mengupdate setiap hari informasi kondisi harga di pasar untuk dilaporkan kepada Bupati Muna.

“Adapun kecamatan yang sudah dikunjungi Kecamatan Napabalano, Lasalepa, Tongkuno, Tongsel, Kabawo dan Kecamatan Parigi. Operasi dan informasi ini akan terus dilakukan diseluruh pasar kecamatan,” jelas Dahlan Kalega.

Diketahui Tim Satgas Pengendalian Pangan Pemkab Muna yang diketuai, Pj. Sekda Muna, Muhammad Djudul, M.Si, terdiri dari, Asisten II Setda Muna, Dinas Perindag, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo serta Satpol PP.

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed