oleh

Covid-19: Pimpin Penyemprotan Desinfektan, Bupati Muna Turut Bagikan Masker dan Sarung Tangan Gratis

PETASULTRA.COM – MUNA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melakukan penyemprotan cairan desinfektan menggunakan mobil dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), yang dikonsentrasikan pada sarana publik, Senin (23/3/2020). Diantaranya di Pelabuhan Nusantara Raha, Pasar Sentral Laino serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Tak hanya itu Pemkab Muna turut membagikan sekitar sepuluh ribu masker dan sarung tangan karet (gloves) kepada masyarakat, pedagang pasar laino dan pengguna jalan yang melintas.

Bahkan dalam proses sterilasi tersebut Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST, nampak turun langsung dilapangang yang didampingi oleh Dandim 1416/Muna, Letkol Inf. Febby Triandoko, Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho, Ketua DPRD Muna, Saimuna, kasi Pidum Kejari Muna, Purkon Rohiyat, beserta rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pantauan PetaSultra.Com, masyarakat yang mengetahui hal itu langsung saling berebutan. Nampak pula saat itu mereka seakan tak sunkan untuk berebut masker dari tangan orang nomor satu di Bumi Sowite itu yang sudah melindungi diri dengan menganakan sarung tangan dan masker terlebih dahulu.

Baca Juga  Sek. Dinkes Muna Non Job Sehari Sebelum Mutasi Dilarang Jelang Pilkada
Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST saat membagikan sarung tangan karet kepada para pedagang pasar laino. (PetaSultra.Com)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna, Rimba Sua mengatakan jika 10-14 hari kedepan akan terus melakukan penyemprotan cairan desinfektan yang dikonsentrasikan ditempat umum Kota Raha hingga di Kecamatan dengan ketersediaan stok per harinya sekitar 25 ribu liter atau setara dengan lima tanki mobil Damkar.

“Dan bagi masyarakat yang ingin rumahnya disterilkan menggunakan cairan desinfektan bisa dilakukan dengan cara sendiri sedangkan untuk cairannya bisa datang ambil dikantor,” jelasnya.

Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST menerangkan langkah pengantisipasian ini mutlak diberlakukan guna mencegah Covid-19 masuk di Muna, sembari menunggu persiapan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan 30 unit alat pendeteksi suhu tubuh (infrared termometer) yang sudah dipesan kepada penyedia sejak dua pekan lalu.

Bupati Muna, Laode Muh. Rusman Emba, ST saat membagikan masker kepada para pedagang pasar. (PetaSultra.Com)

“Saat ini untuk posko darurat sementara didirikan di pelabuhan nusantara raha dan pelabuhan ferri tampo-trobulu. Ada juga dana taktis sekitar 178 juta yang sudah disiapkan untuk kebutuhan lainnya, seperti memperbanyak ruangan isolasi, pengadaan APD untuk tim teknis dan tim medis Satgas Covid-19,” ungkap Bupati Muna.

Baca Juga  Dukungan Partai Bertambah, Gambaran Peluang Menangnya Petahana di Pilkada Muna 2020

Penulis: Arto Rasyid

Komentar

News Feed