oleh

Kodim 1416/Muna Gelar Komsos Bersama Aparat Pemkab Mubar

PETASULTRA.COM – MUNA. Dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu, Kodim 1416/Muna pada 6 Desember 2019, gelar rapat Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat.

Mengusung tema “Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan binter terpadu guna memantapkan ruang alat dan kondisi juang tangguh”, kegiatan yang berlangsung diaula Makodim 1416/Muna dihadiri oleh Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada, Wakil Bupati, Ahmad Lamani, Sekda, Husein Tali, beserta jajaran Pemkab Mubar.

Dandim 1416/Muna, Letkol Inf. Febby Triandoko menerangkan tugas pokok dari Kodim 1416/Muna meliputi menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan, serta menyelenggarakan pembinaan terpadu untuk menyiapkan wilayah pertahanan (wilhan) darat dan menjaga wilayah dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 143/HO.

Menurut Febby, kegiatan Binter terpadu merupakan implementasi dalam membantu Pemkab menyiapkan pot nas jadi kekuatan pertahanan aspek darat yang disiapkan secara dini, meliputi Wilhan serta kekuatan pendukungnya untuk melaksanakan OMP didasarkan pada kepentingan pertahanan negara semesta.

“Membantu APEM Kabupaten menyelenggarakan pelatihan dasar militer secara wajib bagi warga negara memberdayakan masyarakat sebagai kekuatan pendukung. Membangun, pelihara, tingkatkan dan mantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” terang Febby dalam sambutannya.

Baca Juga  Masuk Zona Merah, Korem 143/HO Donasikan 100 Pcs. APD ke Gugus Tugas Covid-19 Muna

Selain itu kata Febby, Binter terpadu juga membantu tugas pemerintah Kabupaten/Kota, untuk berikan bantuan kemanusiaan, Gul Bencal, pengunsian, rehab infrastruktur dan mengatasi masalah konflik komunal serta aksi pemogokan.

“TNI juga melaksanakan fungsi utama yaitu perang, fungsi organik militer, serta fungsi organik pembinaan,” terangnya.

Diketahui giat Komsos dalam rangka pembinaan teritorial terpadu akan digelar juga bersama Pemkab Muna dan Butur diwilayah hukum Kodim 1416/Muna.

Penulis: (AR/*)

Komentar

News Feed