PETASULTRA.COM – THAILAND. Piala dunia sepak bola U – 20 akan diselenggarakan Di Indonesia pada tahun 2021, tetapi saat ini telah dilakukan acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Asean dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang dilaksanakan di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, pada Sabtu (02/11/2019).

Pada acara MoU ini sejumlah pemimpin negara Asean mendapatkan Jersey dan berpose dengan mengangkat jersey biru dengan nomor punggung yang disertai nama masing – masing pemimpin negara.

Hadir pada kegiatan tujuh pemimpin Asean mendapatkan jersey dengan nomor punggung 9 dan dua lainnya tampak mengangkat nomor punggung 10, hal berbeda terlihat dengan jersey yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo yang terdapat perbedaan nomor yang menjadi tanda tanya di antara para pemimpin negara ASEAN yang ada di atas panggung.

Foto bersama saat Mou antara Asean dan Fifa

Pada penjelasan seorang delegasi FIFA yang hadir ternyata nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala Pemerintahan dan nomor punggung 10 diberikan kepada para Kepala Negara, sementara Khusus Presiden Joko Widodo diberikan nomor punggung 21 karena Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia di bawah usia 20 pada tahun 2021 mendatang.

Baca Juga  Sinergitas TNI-Polri, Diperlihatkan Dalam Olahraga Senam Barbel Bersama

Diketahui penandatanganan MoU dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Asean Dato’ Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke – 35 ASEAN dan disaksikan oleh para pemimpin negara – negara ASEAN.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara singkat menjelaskan bahwa terdapat empat bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara ASEAN dengan FIFA, “yang pertama adalah promotion of sport integrity, yang kedua adalah sport for development, yang ketiga adalah FIFA football for school programme, dan yang keempat adalah professional capacity building,” terangnya. (Red)