oleh

Tersirat Tujuan Museum Bharugano Wuna Gelar Lomba Nyanyi Lagu Daerah dan Pidato Bahasa Muna

PETASULTRA.COM – MUNA. UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna, buka pendaftaran lomba nyanyi lagu daerah serta lomba pidato bahasa Muna, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan yang akan digelar pada 29 Oktober-4 November 2019 di Museum Rumah Adat Bharugano Wuna, dengan membuka tiga kategori lomba untuk pria dan wanita yakni kategori umum usia 25 tahun keatas, kategori pelajar usia 15-25 tahun serta kategori usia anak 15 tahun kebawah.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dikbud Muna, Hadi Wahyudi menerangkan kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk tetap melestarikan budaya Muna dimana didalamnya terkadung nilai moral dan norma yang tinggi.

Selain itu agar budaya dengan keberagamanan kearifan lokal yang dimiliki tetap menjadi pedoman bagi generasi penerus untuk dapat beradaptasi ditengah perkembangan dunia digital yang kian pesat.

“Garis besarnya seperti itu, bagaimana budaya kita tetap menjadi pedoman dalam hidup bermasyarakat khususnya dikalangan milenial,” ungkap Hadi saat ditemui media ini.

Persyaratan bagi peserta lomba, lanjut Hadi, wajib membawakan satu lagu daerah yang telah ditentukan oleh pihak panitia dan satu lagu bebas (pop/dangdut). Sementara untuk lomba pidato bahasa daerah Muna untuk katogeri pelajar tingkat SMP dan SMA.

Baca Juga  Mengandung Zat Berbahaya,Ratusan Kosmetik di Kendari di Sita Polisi

Dalam pendaftaran lomba sama sekali tidak dipungut biaya (gratis), adapun lagu daerah yang telah ditentukan panitia untuk kategori putera yakni, Kontu Kowuna Tolughonu, ‎Kaghati, Liwu Nefotoro, Wuna Nokokasinta dan Karopeha.

Sedangkan untuk kategori puteri yakni, Lalo Lumara, Ambue Bueko, Oraha, Ina Koemo Moghae dan ‎Kapusuli Kadea.

“Tentu kegiatan lomba ini berhadiah,” singkatnya. (RA/*)

Komentar

News Feed