oleh

Di Kegiatan TMMD ke-104 Konawe, 240 Ekor Sapi Bakal di IB

PETASULTRA.COM : KONAWE – Dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1417 Kendari di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe. Dinas Peternakan Kabupaten Konawe menargetkan 240 ekor sapi bakal  melalui program kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) oleh prajurit TNI.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Konawe melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembibitan dan Produksi Ternak Kabupaten Konawe, I Made Suderka.

” Selama kegiatan TMMD ini, kita bersama prajurit TNI menargetkan program sekitar 240 ekor sapi yang bakal di IB, “ungkapnya, Kamis (28/2/2019)

Lebih lanjut dikatakan I Made bahwa sudah sekitar 120 ekor sapi telah di IB oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan hasilnya semua dalam keadaan bunting, “Dari beberapa Desa binaan setiap sapi yang sudah di IB dan bunting, kami dari Dinas Peternakan bersama Babinsa setempat melakukan pelayanan kesehatan. Dimana sebelumnya kami juga sudah lakukan IB di Desa Karandu, selanjutnya saat ini di Desa Wowaporesa, Kecamatan Anggotoa,”paparnya

Meski demikian program tersebut rupanya masih menjadi kendala mereka, sebab menurut Made, mencari ternak sapi yang dalam keadaan birahi sangat susah.

Baca Juga  Meski Ditolak Warga Konkep, PT. GKP Akan Tetap Menambang

“Dalam tiga hari itu belum tentu ada ternak sapi yang birahi. Sehingga, mengantisipasi hal tersebut saat sapi birahi kita langsung IB. Dan TNI selalu siaga disetiap desa binaan, saat ada panggilan masyarakat bahwa sapinya suda birahi, maka TNI langsung menyambangi masyarakat pemilik sapi, “bebernya

Ditempat terpisah, Babinsa Desa Wowaporesa Koramil 02 Wawotobi, Serda Hamrullah, menjelaskan bahwa tujuh personil TNI Babinsa 02 Wawotobi, bakal disiagakan di Desa yang ada di Kecamatan Anggotoa, Konawe, untuk menjalankan program IB.

” Untuk program ini kami hanya dibekali pelatihan teori oleh Dinas Peternakan dan diajarkan cara memahami kondisi waktu yang tepat untuk ternak dikawinkan. Karena pelatihan ini sangat singkat, jadi perakteknya lebih banyak. Selanjutnya kami langsung turun kelapangan untuk praktek bersama ensiminator. Alhamdulillah hasilnya suda ada, bahkan suda ada satu yang melahirkan dan program ini sagat memuaskan, “ujarnya

Untuk diketahui, Anggaran yang dikucurkan dalam kegiatan TMMD ke-104 Konawe sungguh fantastis mencapai lebih dari Rp2 miliar, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan bagi masyarakat serta kegiatan-kegiatan lainnya yang menyasar di lima desa di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, yakni Desa Wowaperase, Nario Indah, Karandu, Wowanario dan Lawuka.

Baca Juga  Tinjau Langsung TMMD 104 di Konawe, Brigjen TNI Steve Parengkuan Apresiasi Kinerja Prajuritnya

TMMD di bawah naungan wilayah Kodam XIV/Hasanuddin Kota Makassar itu merupakan markas TNI kelima terbesar se-Indonesia. Kemudian kegiatan itu akan berlangsung hingga 26 Maret 2019 mendatang.

 

Laporan : Ulya Astriani

Editor     : Falonk

 

Komentar

News Feed