oleh

Dalam Sehari,Wilayah Daratan di Sultra Diguncang Tiga Kali Gempa

PETASULTRA.COM : KENDARI – Dalam sehari tiga kali Gempa Tektonik mengguncang wilayah daratan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu (27/2/2019).

Gempa pertama berkekuatan 3,6 Skala Richter (SR) terjadi pada Pukul 17:19:59 Wita di sebelah Barat daya Kendari. Episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 4.09 LS dan 122.61 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 15.3 Barat daya Kendari, Kota Kendari,Provinsi Sultra, pada kedalaman 9.5 Km.

Disusul gempa kedua berkekuatan 2,8 SR terjadi pada pukul 19.08.02 Wita mengguncang sebelah Timur Laut Kabupaten Kolaka. Episenter gempa bumi itu terletak pada koordinat 4.04 LS dan 121.71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km Timur Laut Kolaka, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sultra, pada kedalaman 10 km.

Kemudian yang terakhir gempa susulan terjadi lagi pada pukul 23.17.34 Wita di sebelah Barat Laut Kota Kendari, gempa ketiga itu berkekuatan 3,4 SR. Episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 3.94 LS dan 122.61 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2.2 km BaratLaut Kendari, Kota Kendari Provinsi Sultra, pada kedalaman 10 km.

Baca Juga  KADIN Membuka Penjaringan Calon Ketua, Ini Harapan Pemuda Sultra !!!

Dalam rilisnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari Rosa Amelia menerangkan bahwa aktivitas gempa yang sudah tiga kali mengguncang wilayah daratan Sultra, tidak berpotensi Tsunami.

” Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami, “ucapnya

Lanjut Rosa, “Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, “tutupnya

Laporan : Zianayla

Komentar

News Feed